Sarana pencari uang

gravatar

Inspirasi bagi Anda yang Ingin Meraih Sukses
  (Hartono Hdw.-Business Unit Manager PT. Brataco Chemika)

Pendahuluan
Yang dimaksud dengan sukses adalah keberhasilan dalam mendapatkan apa yang Anda inginkan, cita-citakan atau tujuan hidup Anda, contohnya:

  • Sukses dalam meraih kenaikan jabatan di perusahaan Anda.
  • Sukses dalam menempuh ujian UMPTN, agar bisa diterima di fakultas negeri.
  • Sukses dalam hidup Anda, bisa mempunyai rumah dan mobil sendiri dalam waktu lima tahun.

Siapa yang tidak ingin sukses dalam hidupnya? Boleh dikatakan semua orang ingin bisa hidup lebih senang, lebih enak, mendapat penghasilan yang lebih besar.

Permasalahan
Yang menjadi persoalan adalah bagaimana cara Anda untuk bisa mendapatkan apa yang diinginkan? Apa saja yang harus Anda lakukan? Hambatan-hambatan apa saja yang bakal Anda hadapi dan bagaimana mengatasinya?

Pembahasan
Bila Anda menginginkan semuanya serba lebih dari keadaan Anda sekarang, pertama-tama yang Anda harus lakukan adalah: Anda harus mempunyai tujuan hidup terlebih dahulu. Bila Anda tidak/belum mempunyai tujuan hidup, maka Anda akan tetap begitu-begitu saja sampai kapanpun dan hanya membuang-buang waktu Anda, tenaga maupun uang Anda.

Jadi mau tak mau Anda harus mengadakan suatu tindakan, suatu usaha untuk merubah keadaan Anda sekarang Dengan perkataan lain Anda harus melakukan suatu perubahan terutama perubahan diri Anda. Untuk itu Anda harus belajar menambah ketrampilan Anda.

Seperti Anda ketahui yang dimaksud dengan ketrampilan adalah pengetahuan plus pelatihan. Ketrampilan itu ada 3 macam: ketrampilan teknis–ketrampilan manajerial–ketrampilan hubungan antar manusia.

Bila Anda ingin sukses, belajarlah dari orang yang sudah sukses. Bila Anda ingin menjadi kaya, Anda harus belajar dari orang yang kaya. Bila Anda ingin pintar, belajarlah dari orang yang pintar. Bila Anda ingin maju belajarlah dari orang yang sudah maju.

Biasanya hambatan utama timbulnya dari dalam diri Anda sendiri. Hambatan-hambatan tersebut merupakan tembok besar yang menghalang-halangi Anda untuk mengambil suatu tindakan. Hambatan-hambatan tersebut berupa: rasa rendah diri, malas, malu, ragu-ragu, kurang percaya diri, khawatir/takut, gengsi, dan pelit.

Perlunya Anda belajar adalah agar Anda mendapatkan sesuatu yang lebih, yaitu mendapatkan suatu 'added value'. Contohnya: Setiap manaj er harus bisa mengoperasikan komputer minimal MS Word/Excel dan PowerPoint. Bila ada manajer yang masih belum bisa, Anda harus belajar dengan cara cepat, jangan dengan mengambil kursus komputer yang memakan waktu lama. Belajarlah dengan cepat yaitu dari orang yang sudah bisa mengoperasikan MSWord/Excel/PP. Meskipun orang tersebut bawahan Anda atau kedudukannya lebih rendah dari Anda, janganlah merasa gengsi, janganlah merasa malu atau rendah diri. Yang penting harus Anda perhatikan juga adalah jangan malas, belajarlah bila perlu sesudah jam kantor agar tidak mengganggu pekerjaan sehari-hari Anda.

Selain komputer setiap manajer harus juga bisa memberikan presentasi atau pidato yang menarik dan tidak membosankan, bisa menguasai Customer Service Excellent dan manajeman SDM. Semuanya itu Anda harus belajar dengan cara cepat yaitu dengan cara belajar dari orang yang sudah pintar/sudah sukses atau mengikuti seminar-seminar atau kursus-kursus sehari. Janganlah pelit, bila harus bayar untuk mengikuti seminar-seminar tersebut.

Ingatlah bahwa sesuatu pengetahuan tambahan yang masuk dalam otak Anda, nantinya akan dapat menambah isi kantong Anda di kemudian hari. Ingatlah, dengan Anda menjadi lebih pintar, lebih mempunyai pengetahuan dan pengalaman, maka hasilnya pun kelak akan berbeda. Selain itu Anda juga perlu belajar menabung, minimal 10% dari penghasilan Anda untuk keperluan yang tak terduga atau keperluan untuk mencapai cita-cita Anda.

Kesimpulan
Dengan bekal percaya diri Anda bahwa Anda yakin dan mampu meraih sukses serta sudah mempunyai tujuan hidup, ditambah dengan keberanian Anda untuk mengambil tindakan yaitu berusaha belajar menambah berbagai macam ketrampilan seperti yang diuraikan di atas, niscaya Anda berpeluang besar untuk dapat meraih sukses sesuai dengan yang Anda cita-citakan.